Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016

     Pagi ini Taman Baca Mahardika kembali berbagi kesempatan kepada adik-adik sekitar untuk menyalurkan imajinasinya. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Taman Baca Mahardika mengadakan berbagai perlombaan untuk semua warga sekitar. Mulai dari anak-anak sampai para orang tua di ajak berbagi keceriaan dan sekaligus belajar bersama lewat kegiatannya. Berbagai perlombaan diadakan diantaranya lomba mewarnai, menggambar, lomba cerdas cermat anak dan keluarga.

       Diawali lomba mewarnai yang diikuti adik-adik mulai Paud sampai kelas 2 Sekolah Dasar. Pukul setengah delapan pagi, beberapa adik-adik sudah bersiap mengikuti lomba mewarnai dengan berbekal pensil warna dan krayon. Derap langkah kaki terdengar dari kejauhan berlari menuju Taman Baca. Canda dan tawa mengisi suasana pagi sembari menunggu teman lainnya datang untuk ikut serta. Teriakan dan ajakan sesekali adik-adik lontarkan untuk memanggil temannya yang kadang masih malu-malu untuk berkumpul bersama teman lainnya. Hingga pada akhirnya waktu sudah menunjukkan pukul 8 pagi, semua adik-adik sudah berkumpul bersama untuk mewarnai harinya.

     Kegiatan dimulai dengan ucapan doa bersama sembari mengheningkan keramaian adik-adik. Selanjutnya adik-adik menerima selembar kertas bergambar untuk diwarnai dengan krayon atau pensil warna mereka. Gesek demi gesek menjadikan warna putih kertas berubah dalam sekejap, coretan maupun arsiran tak lupa adik-adik berikan di setiap sudut dan gambar pada kertas putih. Beberapa masih asyik mengobrol dengan sesekali menggoreskan pensil warnanya, namun ada juga yang asyik dengan warna-warni yang diarsirkan pada kertas gambarnya. Seolah melayang dalam imajinasi warnanya, obrolan yang banyak dilakukan seketika bertukar dengan asyiknya mewarnai.

Adik-adik Taman Baca Mahardika sedang mengikuti lomba mewarnai.
       Waktu semakin berlalu, nampak keringat juga menghiasi dahi-dahi mungil adik-adik yang sedang asyik mewarnai. Sesekali adik-adik meminta tisu untuk menyempurnakan karyanya, tisu digesekkan pada warna yang menyatu dengan kertas gambar mereka. Hingga rasa puaspun menjadi akhir dari usaha adik-adik untuk menggambar, kemudian segera dikumpulkan bersama yang lainnya.
Nampak sekali mereka serius memilih warna-warna yang sesuai
      Tak berselang lama segerombolan adik-adik berdatangan dengan semangat baru. Mereka datang menggantikan semangat pagi yang sudah tercurahkan dalam warna-warni kertas putih bergambarnya. Saling mendahului dan memilih tempat untuk bersiap dengan pensil dan penghapusnya. Adik-adik ini akan mengikuti lomba menggambar  yang akan segera dilaksanakan setelah adik-adik yang mewarnai selesai.

     Segera setelah lomba mewarnai sudah selesai, giliran adik-adik peserta menggambar yang akan diberikan kesempatan untuk berimajinasi. Sedikit pengarahan dari kakak Taman Baca Mahardika untuk menggambar dengan tema pendidikan sudah cukup membuat adik-adik bersemangat untuk memulai aksinya.
Lomba menggambar diikuti adik-adik dengan antusias.
    Suasana pagi yang cerah mengiringi adik-adik di Taman Baca Mahardika mengimajinasikan sebuah gambaran pendidikan. Kemudian dituangkan melalui ujung kecil pensil hitam di atas sebuah kertas kosongnya. Nampak sebuah gambar mulai bermunculan dari kertas yang awalnya hanya putih semata. Sebuah sekolah, taman, pepohonan, guru ataupun bunga di atas meja jadi bagian imajinasi menggambar adik-adik pagi itu. Garis demi garis sebuah bentuk mulai menampakkan dirinya dalam bentuk gambar-gambar tak terduga. Hingga akhirnya fokus adik-adik beralih kepada warna-warni pensil yang menunggu untuk digoreskan.
Berbagai macam gambar dengan tema pendidikan menghiasi kertas adik-adik.
     Warna-warni pensil atau krayon menjadi pembeda setiap gambar yang adik-adik kreasikan dengan pensilnya. Beraneka macam warna sekolah, taman ataupun langit menjadi pemandangan yang menarik di Taman Baca Mahardika pagi itu. Tak peduli datangnya tukang penjual makanan dan mainan, adik-adik tersebut tetap asik memberikan warna-warni yang mereka suka. Hanya pembatas kertas yang pada akhirnya membuat adik-adik berhenti menggoreskan warnanya. Memandang sejenak hasil karyanya dan kemudian bersama-sama menyerahkannya. 

     Intip beberapa karya mereka yukkk...
 Ini dia karya mewarnai adik-adik,

Kalu ini karya gambarnya adik Tasya.

LOMBA SORE HARI
    Lomba selanjutnya adalah cerdas cermat tingkat RW yang diikuti oleh anak-anak. Perlombaan yang dimulai pukul 2 siang  dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Semua orang menyanyi dengan khidmat.

    Di siang yang cerah ini, semangat adik-adik  untuk mengikuti lomba sangat menggebu-gebu. Terbukti dengan  telah berkumpulnya mereka sebelum perlombaan dimulai.  Ada lima tim dan pada setiap tim beranggotakan 2 anak. “Tim 1, tim 2, tim 3, tim 4, dan tim 5 semuanya siap?”, tanya pembawa acara dengan keras. “Siaaaaap!!!”, jawab anak-anak dengan wajah riang dan penuh semangat.
   
Adik-adik peserta lomba cerdas cermat siap menerima pertanyaan dari MC.
    Perlombaan pun dimulai.. lomba  cerdas cermat ini terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama adik-adik memilih 5 pertanyaan pada lima amplop yang disediakan. Setelah itu mereka menjawab pertanyaan tersebut pada sebuat kertas untuk selanjutnya ke tiga tim dengan jawaban benar terbanyak masuk ke babak final. Pada babak final, peserta diberi pertanyaan rebutan. Siapa cepat dan tepat, timnya lah yang akan mendapatkan poin! Pada akhirnya, hanya akan ada 1 pemenang saja di perlombaan ini. One and only! ^^.

   Perlombaan pun berlangsung sangat seru. Satu tim dan tim yang lain saling berkompetisi untuk masuk ke babak final. Setelah semua tim berjuang dan bekerja sama untuk menjawab soal dengan benar, tinggallah tim  2, 4 dan 5. Tim inilah yang akan masuk babak final. Persaingan terasa begitu kental di antara ke tiga tim. Mereka saling berlomba untuk cepat mengangkat bendera dan menjawab pertanyaan.


Babak final ini adalah babak yang paling seru sekaligus menegangkan.
Ini dia kelompok yang terdiri dari adik Khofifa, Della dan Bella yang menjadi pemenang.
Kelompok  4 yang akhirnya menjadi pemenang. Selamat ya!

      Selain lomba cerdas-cermat untuk adik-adik, ada juga lomba cerdas-cermat untuk keluarga yang sekaligus sebagai penutup acara peringatan Hari Pendidikan Nasional pada hari ini. Lomba ini tak kalah seru dan ramai, karena satu tim terdiri dari dua dampai tiga orang anggota keluarga. Ada adik-adik yang mengajak serta ibunya maupun ayahnya untuk ikut serta menguji kecerdasan, kecepatan, dan ketepatan dalam lomba kali ini.

      Ada 10 tim yang ikut serta. Sama dengan lomba sebelumnya, ada tiga babak yang akan dilalui oleh para peserta. Babak pertama mereka diberi kertas untuk menulis jawaban dari pertanyaan yang akan dibacakan oleh pembawa acara. Pertanyaan yang sama untuk semua peserta. Ketika pertanyaan selesai dibacakan, peserta langsung menulis jawaban pada kertas kemudian diangkat untuk diperlihatkan kepada juri dan penonton. Bagi tim yang sudah dua kali salah menjawab pertanyaan, maka akan dieliminasi. Sedangkan tim yang bertahan, akan maju ke babak kedua.
Semangat semuanya!!
Para peserta lomba cerdas cermat keluarga.
Pada babak kedua, masing-masing tim diberi 3 pertanyaan berbeda. Tim dengan jawaban benar paling banyak lah yang akan maju ke babak final. "Ayoo buu...jawabannya apa nih?"
Beberap keluarga melihat ke arah tim yang sedang berusaha menjawab pertanyaan.
Babak terakhir adalah babak rebutan, para keluarga sangat antusias mengangkat bendera walaupun terkadang jawabannya belum tepat.
Antusiasme lomba cerdas cermat keluarga dalam menjawab pertanyaan rebutan.
      Susul menyusul poin sempat terjadi karena sistem poin yang semakin meningkat di tiap soal, sehingga para keluarga sangat bersemangat untuk mencoba menjawab soal-soal yang diberikan. Namun pada akhirnya keluarga terbaiklah yang mampu menjadi juara lomba cerdas cermat keluarga kali ini. Pemenang adalah keluarga dari bapak Solikin yang ditemani putranya yaitu adik Agung.
Bagi yang belum juara, mari lebih giat belajar! Untuk menjadi warga Negara yang cerdas, dan supaya bisa jadi juara di lomba-lomba Taman Baca Mahardika selanjutnya… . :D
Sampai jumpa… 

Komentar