Sinau Nang KBS


       Yeah, tiba saatnya untuk jalan-jalan sambil belajar ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada hari Minggu, 19 Agustus 2018. “Sinau Nang KBS”, itulah tema kegiatan ini, yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar sekaligus memperingati HUT RI ke 73. Pada pagi hari, di minggu yang cerah, pukul 06.30 WIB, 27 adik-adik Taman Baca Mahardika sudah berkumpul untuk menunggu serta bersiap-siap berangkat menuju KBS. Kakak-kakak melakukan persiapan akhir perlengkapan serta mengajak adik-adik berkumpul untuk mengatur keberangkatan menunju KBS.

      Setelah persiapan selesai, kendaraan yang telah ditungggu akhirnya datang pada pukul 07.00 WIB. Semua perlengkapan telah diangkut, dan adik-adik sudah dibagi untuk posisi tempat duduk, berbaris untuk memasuki kendaraan. Dan akhirnya kami pun berangkat membawa semangat serta keceriaan adik-adik Taman Baca Mahardika. Keceriaan itu pun berlanjut saat perjalanan menuju KBS. Selama perjalanan, adik-adik diajak bermain dan bercanda dengan kakak-kakak, sehingga perjalananpun tidak terasa.

       Pada pukul 08.10 WIB, akhirnya kami telah sampai ke lokasi KBS. Persiapan perlengkapan pun telah diturunkan. Di tempat lain, adik-adik berbaris rapi untuk menunggu masuk ke lokasi KBS. Sekitar 20 menit berselang, adik-adik berbaris rapi berjalan masuk menuju markas (tempat lokasi kegiatan di KBS).
 
Berjalan rapi menuju markas.
       Di markas, sebelum berangkat untuk belajar dan melihat satwa di KBS. Kakak-kakak mengajak adik-adik untuk ice breaking, dengan menarikan tarian chicken dance. Hal ini untuk menambah semangat serta keceriaan adik-adik. Jam telah menunjukkan 09.10 WIB, adik-adik berbaris rapi untuk jalan-jalan dan belajar melihat satwa di KBS. Langkah tiap langkah dan banyaknya satwa yang dipelajari adik-adik, semakin menambah semangat belajar adik-adik untuk ingin tahu terhadap lingkungan, khususnya satwa.

 Kami semua bergoyang dengan iringan lagu Chicken dance.

Berkeliling melihat dan mempelajari aneka satwa di KBS.
Mencatat hal baru dan menarik dari satwa yang mereka lihat.
Seorang kakak bertugas menjaga adik-adik selama perjalanan berlangsung.


      Akhirnya, di ujung perjalanan, adik-adik telah sampai di area Kids Zoo, walaupun adik-adik sudah berjalan jauh, wajah yang terlihat lelah, tapi di area ini adik-adik semakin bersemangat dan ceria unutk mempelajari satwa di area Kids Zoo. Hal ini, tidak terlepas dengan pelayanan dari kakak-kakak Kids Zoo. Dengan sabar dan terampil, kakak-kakak ini mengajak adik-adik untuk belajar sambil bermain bersama satwa di area ini. Terlebih, adik-adik diajak untuk memberi makan satwa. Interaksi langsung dengan satwa yang kadang melakukan gerakan tidak terduga membuat adik-adik sampai berlarian kesana-kemari. Hal ini semakin menambah keceriaan dan kelucuan dari adik-adik.

 Memberi makan burung nuri.


Bertinteraksi langsung dengan berbagai satwa unik dan lucu.

 
Dan mengabadikan momen-momen seru.


       Setelah puas dari Kids Zoo, adik-adik kembali berkumpul di markas pada pukul 11.30 WIB untuk istirahat makan siang, dan makan siang pun sudah disiapkan untuk adik-adik. Selama 1 jam lebih istirahat dilaksanakan dan tak lupa juga kakak-kakak untuk mengajak adik-adik untuk sholat.
Mengisi kembali tenaga dengan makan dan istirahat sejanak.

    Tenaga dan semangat telah berkumpul, berpadu menjadi satu. Tiba saatnya untuk acara inti memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-73. Salah satu acara, yaitu Dongeng Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Dongeng ini bertujuan untuk mengajak adik-adik untuk belajar sejarah perjuangan sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, yang dilakukan dengan konsep panggung boneka untuk menarik minat adik-adik untuk berlajar sejarah ini. Selama 1 jam, sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia ini pun telah diceritakan ke adik-adik, dan di akhir cerita, kakak-kakak mengajak adik-adik untuk semakin semangat belajar di dalam mengisi kemerdekaan Indonesia ini.

Bersama-sama menyanyikan lagu nasional dengan penuh semangat.

 Di iringi musik sebelum kegiatan mendongeng dimulai.

Adik-adik sangat antusias mendengar jalannya dongeng.

 Dan tak ragu mengacungkan tangan saat sesi tanya jawab.


     Pada pukul 14.00 WIB, adik-adik diajak bermain puzzle yang bertema peta Indonesia. Didalam permainan ini, adik-adik bertugas menyusun peta Indonesia yang sudah diacak sebelumnya, dengan membawa sedotan yang berisi karet gelang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengajarkan adik-adik tentang nilai persatuan.

 Adik-adik sedang berusaha menyusun peta Indonesia.

Bertukar giliran dengan memindahkan karet gelang.


   Puas bermain, pada pukul 15.00 WIB, adik-adik merayakan hari ulang tahun Taman Baca Mahardika yang ke-5. Dengan harapan dan janji adik-adik yang telah dibalut dengan doa untuk menambah semangat adik-adik untuk belajar lebih giat.

Kue ulang tahun RI ke-73 dan Taman Baca Mahardika ke-5.
Berdoa dan berjanji bersama untuk tak kenal lelah dalam belajar.

Di akhiri dengan foto bersama sebelum melangkah pulang.


   Acarapun sukses dilaksanakan, kakak-kakak bersama adik-adik membersihkan markas dan melakukan persiapan terakhir untuk pulang ke Taman Baca Mahardika. Pada pukul 16.00, kendaraan pun melaju menuju Bulak Banteng, membawa harapan serta semangat adik-adik untuk masa depan.

Komentar