Membuat Gelas Hias Dari Botol Bekas

Suasana pagi yang dingin karena sisa hujan masih begitu terasa di Taman Baca Mahardika. Tampak beberapa anak masuk ke dalam sebuah rumah dan memanggil seorang pemuda dari dalam kamarnya, seorang pemuda yang biasa dipanggil namanya Gangsar. “Mas, jare kreasi mas?”, suara yang sontak membangunkannya dari tempat tidur, terlihat Aril dan Haris yang sudah berdiri di pintu kamar tidur yang memang tidak ada pintu penutupnya. Karena pagi itu mereka sudah sepakat untuk membuat kreasi di Taman Baca Mahardika. Beberapa saat kemudian terlihat Gangsar keluar dari rumahnya dengan wajah segar karena cuci muka. Gangsar lalu mengajak semua anak-anak tersebut berkumpul di Taman Baca Mahardika, dan mereka dengan sigap memanggil semua teman-temannya yang masih di rumah untuk berkumpul di Taman Baca.

Satu persatu anak-anak datang dengan pertanyaan yang biasa dilontarkan sebelum mereka berkumpul, “Mas kreasi ta?, Mas kreasi opo?”. Sebelum fokus mereka kembali berubah untuk bermain di rumah dan lainnya, segera Gangsar mengajak mereka duduk bersama. Setelah mereka tenang dan siap berkreasi, lalu Gangsar menunjukkan sebuah gambar dari dalam hpnya. “Hari ini kreasi ini yaa, membuat gelas hias.” Tawar pemuda 24 tahun tersebut kepada adik-adik itu. “Wahhh, ayo-ayo mas”, sahut aril, Aliyah dan lainnya dengan semangat.

“Kalau begitu ayo bawa bahannya, botol minum bekas ya. Masing-masing bawa satu botol”, kata Gangsar. Merekapun segera berlari berhamburan ke rumah masing-masing untuk mencari botol bekas minum yang ada di rumahnya. Sedangkan bahan lainnya seperti gunting, cutter, lem dan pita sudah disiapkan sebelumnya di Taman Baca Mahardika.

Beberapa saat kemudian mereka semua sudah berkumpul kembali, dengan membawa botol bekas yang mereka cari di rumahnya masing-masing. Lalu semua bahan dikumpulkan untuk dipersiapkan membuat kreasi.

Kita siapkan terlebih dahulu bahan utamanya yaitu botol bekas yaa.
Dengan hati-hati Gangsar membimbing adik-adik tersebut untuk mulai berkreasi, langkah pertama adalah membagi botol tersebut menjadi dua bagian atas dan bawah. Potong dengan menggunakan cutter agar hasilnya bisa rapi. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dengan menggunakan benda tajam. Setelah itu hasilnya akan seperti gambar berikut ini.


Bentuk Gelas dari potongan botol yang sudah jadi.

“Kalau sudah jadi semua gelasnya, sekarang di hias dengan pita ya. Sesuai keinginan masing-masing”, kata Gangsar sambil membantu adik-adik berkreasi. Pada tahap terlihat sesuatu yang menarik di alami adik-adik tersebut. Ada yang bingung mau dihias bagaimana namun ada juga yang sudah mempunyai gambaran hiasan apa saja yang akan dibuat dan ditempelkan pada gelasnya. Nampak pada gambar berikut ada adik yang masih kebingungan namun ada juga yang sudah mencoba menghias gelasnya.

Nampak Arum masih kebingungan untuk menghias gelasnya sampai garuk-garuk kepala hehe, semangatt..
Kata-kata seperti “Mas, gak isok mas”,”Yok po mas?” akan sering bermunculan karena proses berkreasi ini. Namun beberapa saat waktu berjalan yang pada awalnya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Karena mereka yang masih kesulitan akan belajar dengan melihat teman-temannya yang sudah bisa membuat hiasan. Kemudian kata-kata lainnya muncul dari kelompok tersebut seperti “weehhh, melok-melok iki”,”enggak lohh”. Karena ada yang merasa karyanya di tiru oleh temannya yang lain. Dan dalam sekejap, dari yang tidak bisa menjadi bisa karena mencoba dan memperhatikan teman-temannya yang bisa.

Selanjutnya tahap demi tahap mereka mulai membuat karyanya sendiri, berpikir model, warna atau bentuk yang akan di pasangkan di gelasnya. Dan pada akhirnya semuanya terbayarkan dengan sebuah karya milik mereka masing-masing seperti ini. Gangsar pun mengajak adik-adik tersebut untuk berfoto dengan karya mereka masing-masing. Ohya, foto ini tanpa sensor loh ya jadi focus sama kreasi adik-adik ini saja hehe.

Serius banget wajahnya adik-adik ini hehe
 Nahhhh, ini dia senyum-senyum kerja keras dari sebuah keberhasilan, hehe. Tampak Diva dan Aliyah sangat percaya diri menunjukkan karya mereka. Lalu tak lupa juga ada Putri malu dan Arum bersama Dani kecil ikut berselfie dengan kreasinya.


Diva dan Aliyah dengan gelas hiasnya.

Ada Putri, Arum dan Adik Dani juga yang ingin di foto nih, lucu kan?
Demikian kegiatan kreasi di Taman Baca Mahardika, sampai jumpa minggu depan.

Komentar