Perkembangan Bahasa dan Keterampilan Literasi Awal

Perkembangan bahasa anak
Kata pertama sang anak adalah saat-saat bahagia yang ditunggu oleh orang tua. Orang tua tidak sabar untuk mendengar putra-putri mereka berbicara dengan lancar, dan mengobrol bersama. Memang belajar berbicara adalah perkembangan bahasa yang penting dan menarik.
Kita tahu bahwa perkembangan bahasa melibatkan kapan dan bagaimana anak-anak belajar berbicara dan memahami apa yang mereka dengar. Penting sekali menyadari pengembangan bahasa untuk berkomunikasi anak-anak, meminta kebutuhan sehari-hari, dan berbagi pengalaman. Yang tidak diperhatikan adalah pengembangan bahasa merupakan fondasi penting dalam keterampilan membaca dan menulis.
Anak-anak dengan kemampuan bahasa yang baik lebih cenderung terampil belajar membaca dan menulis. Sayangnya yang sebaliknya juga benar. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki keterampilan bahasa yang lemah atau gangguan bicara dan bahasa sulit untuk belajar membaca dan menulis. Ini karena mereka tidak memiliki keterampilan literasi dasar atau awal yang terdiri dari keterampilan bahasa.
Sejauh mana anak-anak mencapai sukses di sekolah dipengaruhi oleh perkembangan bahasa dan keterampilan literasi awal. Anak-anak dengan perkembangan bahasa yang baik mampu mengembangkan keterampilan literasi awal dan dengan demikian mencapai keterampilan membaca dan menulis yang baik. Keahlian literasi awal adalah penanda keberhasilan anak dalam membaca dan menulis.

Keterampilan Literasi Awal
Tentunya Anda bertanya-tanya apa keterampilan literasi awal itu. Keterampilan literasi awal ini bukan keterampilan membaca dan menulis. Di sisi lain, itu adalah keterampilan yang harus dimiliki sebelum anak belajar membaca dan menulis. Keahlian literasi awal ini dapat dikatakan pra-baca dan tulis, atau dasar-dasar yang dibutuhkan anak sehingga mereka siap belajar membaca dan menulis.
Beberapa studi menyusun berbagai jenis keterampilan literasi awal yang dibutuhkan anak sebelum mereka belajar membaca dan menulis. Keterampilan ini mungkin tidak seperti yang diharapkan, karena tidak melibatkan banyak keterampilan membaca dan menulis secara langsung. Beberapa keterampilan ini mungkin sulit dihubungkan dengan membaca dan menulis, tetapi ini penting karena ini merupakan keterampilan pengembangan bahasa.
Keterampilan literasi awal yang penting adalah percakapan, kosa kata atau kata-kata yang dikuasai, pemahaman cerita, pengetahuan menulis, kesadaran suara bahasa, mendengarkan, berbicara dan membaca dan keterampilan menulis.
Apa peran pengembangan bahasa dalam membaca dan menulis? Seperti yang terlihat, dasar-dasar keterampilan membaca dan menulis adalah pengembangan dan keterampilan bahasa. Keterampilan literasi awal dapat dikatakan sebagai dasar yang kuat dalam pemahaman bahasa, ucapan dan pengucapan yang jelas, serta pemahaman sistem suara bahasa. Artikel ini akan menjelaskan beberapa keterampilan literasi awal dan pengaruh perkembangan bahasa pada keterampilan membaca dan menulis.

Keterampilan Literasi Awal 1: Minat Membaca dan Menulis
Pikirkan tentang apa yang Anda sukai, apa yang Anda sukai. Sekarang cobalah mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan baik, apa keterampilan Anda. Seringkali minat dan keterampilan keduanya sama. Kami pandai melakukan sesuatu yang kami minati. Setiap ahli dalam suatu bidang memiliki minat di bidangnya, dan dari situlah lahir keahlian dan keunggulan. Hal yang sama berlaku untuk membaca dan menulis.
Waktu yang diperlukan untuk belajar membaca tergantung pada minat anak terhadap buku. Anak-anak yang sering melihat buku dengan orang tua mereka akan memperoleh keterampilan literasi awal yang berharga. Ketika anak-anak terbiasa dengan bahan bacaan, mereka akan:
  • ·         Lebih banyak pengetahuan tentang apa yang didengar.
  • ·         Pelajari lebih banyak kata.
  • ·         Belajar membuat kalimat.
  • ·         Ceritakan lagi ceritanya.
  • ·         Menumbuhkan minat baca.
  • ·         Minat dalam buku ini meningkatkan minat dan kemauan untuk membaca.
Minat membaca memungkinkan mereka belajar membaca dengan lebih mudah dan lebih baik. Ingatlah bahwa minat membaca banyak membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara, bahasa, dan membaca. Baca terus bersama anak Anda!

Keterampilan Literasi Awal 2: Kesadaran fonologis / suara terhadap bahasa.
Pernahkah Anda mendengar suara drum? Bisakah Anda menghitung setiap kali drum berbunyi? Sekarang coba bayangkan kata-kata panjang, seperti 'tanggung jawab'. Bisakah Anda menghitung suara atau suku kata? Mari kita coba: g-gung-ja-wab, jadi jumlah bunyi atau suku kata adalah empat. Ini adalah salah satu ciri dari kesadaran fonologis.
Ciri-ciri lain adalah kemampuan untuk mencari kata-kata yang terdengar sama, seperti 'kemeja dan kecepatan', atau kata-kata yang dimulai dengan suara yang sama, seperti 'buku dan bola, yang keduanya dimulai dengan' buh 'atau' b '. Kesadaran fonologis juga mencakup kesadaran bahwa kalimat terdiri dari beberapa kata dan kata-kata dapat dibagi lagi menjadi suara yang lebih kecil.
Anak-anak yang mendapatkan paparan awal konsep ini mempelajari keterampilan untuk 'membunyikan' kata-kata, misalnya mereka dapat mengatakan bahwa kata 'bola' terdiri dari dua suku kata yaitu 'bo' dan 'la'. Ketika mereka mulai membaca, keterampilan ini akan menjadi lebih berguna karena membaca pada dasarnya membunyikan huruf untuk membuat / membentuk kata-kata.
Belajar dan memahami suara-suara bahasa adalah ciri dari perkembangan bahasa normal. Anak-anak yang memiliki banyak dukungan untuk membaca dan mengenal konsep literasi awal akan lebih bersedia untuk belajar membaca. Gunakan waktu yang tersedia untuk memperkenalkan konsep bahasa suara yang diperlukan, sehingga anak-anak dapat meningkatkan keterampilan literasi dini.

Keterampilan Literasi Awal 3: Pemahaman Bahasa.
Kita biasanya berhubungan dengan anak-anak yang tidak sesuai mengikuti instruksi. Terkadang kita tertawa ketika seorang anak memberikan benda lain dari yang dibutuhkan. Tapi ini mungkin pertanda masalah pemahaman bahasa. Anak-anak dengan perkembangan bahasa yang baik dapat:
  •          Identifikasi objek
  •          Sesuai dengan instruksi sesuai usia mereka.
Pemahaman bahasa penting untuk:
  • ·         Memahami apa yang didengar
  • ·         Membangun keterampilan literasi awal.
Membaca melibatkan:
  •          Panggil kata-kata
  •          Pahami apa yang dibaca.
Pemahaman bahasa yang baik akan membantu anak-anak untuk:
  •          Memahami arti kata dan kalimat saat berbicara dan membaca
  •          Memahami alur cerita dan elemen-elemen lain dalam buku cerita
Anak-anak dengan pemahaman bahasa yang baik:
  •          Lebih mudah membaca dan menulis,
  •          Lebih mudah untuk memahami apa yang dibaca,
  •          Dengan bijak menyimpulkan apa yang dibaca.
Sebelum membaca dan menulis, anak-anak perlu:
  •          Paparan dan pelatihan dalam pidato dan bahasa.
  •          Berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang dewasa dan anak-anak lain
Anak-anak yang mengalami kesulitan memahami apa yang mereka dengar akan sulit untuk memahami apa yang dibaca. Peran sebagai orang tua dan wali adalah menunjukkan dan menjelaskan kepada anak-anak, sehingga mereka dapat memahami dunia sekitar, berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis.

Keterampilan Literasi Awal 4: Kata-Kata Terkendali
Pernahkah Anda kesulitan menemukan kata yang tepat? Sebaliknya, ketika kita dapat menggunakan atau mendengar kata-kata yang tepat, niat kita dapat dikomunikasikan dengan jelas. Jumlah kata yang dapat kita peroleh, kata-kata yang kita pahami dan gunakan adalah penting dalam komunikasi lisan dan tertulis.
Anak-anak yang tumbuh dengan kata-kata yang didengar, diarahkan dan dibaca akan memiliki kesempatan untuk belajar dan memahami dan menggunakan berbagai kata baru. Anak-anak yang mampu menguasai lebih banyak kata dapat berbicara lebih lancar dan berkomunikasi lebih efektif. Menguasai banyak kata juga membantu anak-anak menguasai bacaan lebih mudah dan cepat karena mereka dapat mengenali bacaan baru. Fondasi perkembangan bahasa yang kuat, termasuk menguasai banyak kata akan membantu anak-anak untuk lebih banyak membaca dan menulis.

Keterampilan Literasi Awal 5: Berbicara Lancar
Menguasai banyak kata adalah penting, tetapi keakuratan pengucapan juga memainkan peran dalam perkembangan bicara, bahasa dan membaca. Kefasihan bicara tergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah sistem suara anak. Anak-anak dengan masalah penyebutan mungkin juga mengalami kesulitan dalam belajar membaca.
Anak-anak yang memiliki sistem suara yang baik akan dapat mengucapkan semua suara dengan benar, berbicara dengan lancar dan juga membantu dalam pemahaman membaca. Studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan bicara mungkin juga mengalami masalah belajar membaca. Biasanya anak-anak yang masih memiliki pengucapan yang tidak akurat pada usia 5 ½ tahun merasa kesulitan untuk belajar membaca.
Sebagai orang tua, peran kita adalah berbicara dengan jelas sehingga anak-anak dapat belajar berbicara dengan jelas juga. Jika seorang anak tidak dapat mengucapkan kata atau pengucapan dengan benar, maka perlu dilakukan melatih kemampuan berbicaranya. Masalah pengucapan seringkali dapat diatasi dan ini akan membantu anak berbicara lebih jelas karena mereka memiliki konsep bahasa yang sehat. Ini pada gilirannya membantu dalam penguasaan bunyi bahasa untuk membaca.

Kesimpulan
Kita telah melihat bagaimana kegiatan-kegiatan berikut ini penting untuk pengembangan literasi anak:

  • ·         Minat terhadap buku
  • ·         Kesadaran suara bahasa
  • ·         Pemahaman bahasa
  • ·         Penguasaan kata-kata dan
  • ·         Pengucapan yang jelas
Pengembangan bahasa penting untuk:

  • ·         Komunikasi
  • ·         Berikan anak-anak untuk belajar membaca dan menulis.
Perkembangan bahasa yang baik tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga dasar untuk keterampilan membaca dan menulis. Sebagai orang tua, peran kami adalah menjadi contoh yang baik dan menumbuhkan keterampilan bahasa untuk anak-anak agar tumbuh dengan keterampilan komunikasi, membaca dan menulis yang sangat baik.

Sumber: http://www.myhealth.gov.my/perkembangan-bahasa-dan-kemahiran-literasi-awal/

Komentar