Perkembangan bahasa anak |
Kita
tahu bahwa perkembangan bahasa melibatkan kapan dan bagaimana anak-anak belajar
berbicara dan memahami apa yang mereka dengar. Penting sekali menyadari
pengembangan bahasa untuk berkomunikasi anak-anak, meminta kebutuhan
sehari-hari, dan berbagi pengalaman. Yang tidak diperhatikan adalah
pengembangan bahasa merupakan fondasi penting dalam keterampilan membaca dan
menulis.
Anak-anak
dengan kemampuan bahasa yang baik lebih cenderung terampil belajar membaca dan
menulis. Sayangnya yang sebaliknya juga benar. Studi menunjukkan bahwa
anak-anak yang memiliki keterampilan bahasa yang lemah atau gangguan bicara dan
bahasa sulit untuk belajar membaca dan menulis. Ini karena mereka tidak
memiliki keterampilan literasi dasar atau awal yang terdiri dari keterampilan
bahasa.
Sejauh
mana anak-anak mencapai sukses di sekolah dipengaruhi oleh perkembangan bahasa
dan keterampilan literasi awal. Anak-anak dengan perkembangan bahasa yang baik
mampu mengembangkan keterampilan literasi awal dan dengan demikian mencapai
keterampilan membaca dan menulis yang baik. Keahlian literasi awal adalah
penanda keberhasilan anak dalam membaca dan menulis.
Keterampilan
Literasi Awal
Tentunya
Anda bertanya-tanya apa keterampilan literasi awal itu. Keterampilan literasi
awal ini bukan keterampilan membaca dan menulis. Di sisi lain, itu adalah
keterampilan yang harus dimiliki sebelum anak belajar membaca dan menulis.
Keahlian literasi awal ini dapat dikatakan pra-baca dan tulis, atau dasar-dasar
yang dibutuhkan anak sehingga mereka siap belajar membaca dan menulis.
Beberapa
studi menyusun berbagai jenis keterampilan literasi awal yang dibutuhkan anak
sebelum mereka belajar membaca dan menulis. Keterampilan ini mungkin tidak
seperti yang diharapkan, karena tidak melibatkan banyak keterampilan membaca
dan menulis secara langsung. Beberapa keterampilan ini mungkin sulit
dihubungkan dengan membaca dan menulis, tetapi ini penting karena ini merupakan
keterampilan pengembangan bahasa.
Keterampilan
literasi awal yang penting adalah percakapan, kosa kata atau kata-kata yang
dikuasai, pemahaman cerita, pengetahuan menulis, kesadaran suara bahasa,
mendengarkan, berbicara dan membaca dan keterampilan menulis.
Apa
peran pengembangan bahasa dalam membaca dan menulis? Seperti yang terlihat,
dasar-dasar keterampilan membaca dan menulis adalah pengembangan dan
keterampilan bahasa. Keterampilan literasi awal dapat dikatakan sebagai dasar
yang kuat dalam pemahaman bahasa, ucapan dan pengucapan yang jelas, serta pemahaman
sistem suara bahasa. Artikel ini akan menjelaskan beberapa keterampilan
literasi awal dan pengaruh perkembangan bahasa pada keterampilan membaca dan
menulis.
Keterampilan
Literasi Awal 1: Minat Membaca dan Menulis
Pikirkan
tentang apa yang Anda sukai, apa yang Anda sukai. Sekarang cobalah mencari tahu
apa yang dapat Anda lakukan dengan baik, apa keterampilan Anda. Seringkali
minat dan keterampilan keduanya sama. Kami pandai melakukan sesuatu yang kami
minati. Setiap ahli dalam suatu bidang memiliki minat di bidangnya, dan dari
situlah lahir keahlian dan keunggulan. Hal yang sama berlaku untuk membaca dan
menulis.
Waktu
yang diperlukan untuk belajar membaca tergantung pada minat anak terhadap buku.
Anak-anak yang sering melihat buku dengan orang tua mereka akan memperoleh
keterampilan literasi awal yang berharga. Ketika anak-anak terbiasa dengan
bahan bacaan, mereka akan:
- · Lebih banyak pengetahuan tentang apa yang didengar.
- · Pelajari lebih banyak kata.
- · Belajar membuat kalimat.
- · Ceritakan lagi ceritanya.
- · Menumbuhkan minat baca.
- · Minat dalam buku ini meningkatkan minat dan kemauan untuk membaca.
Keterampilan
Literasi Awal 2: Kesadaran fonologis / suara terhadap bahasa.
Pernahkah
Anda mendengar suara drum? Bisakah Anda menghitung setiap kali drum berbunyi?
Sekarang coba bayangkan kata-kata panjang, seperti 'tanggung jawab'. Bisakah
Anda menghitung suara atau suku kata? Mari kita coba: g-gung-ja-wab, jadi
jumlah bunyi atau suku kata adalah empat. Ini adalah salah satu ciri dari
kesadaran fonologis.
Ciri-ciri
lain adalah kemampuan untuk mencari kata-kata yang terdengar sama, seperti
'kemeja dan kecepatan', atau kata-kata yang dimulai dengan suara yang sama,
seperti 'buku dan bola, yang keduanya dimulai dengan' buh 'atau' b '. Kesadaran
fonologis juga mencakup kesadaran bahwa kalimat terdiri dari beberapa kata dan
kata-kata dapat dibagi lagi menjadi suara yang lebih kecil.
Anak-anak
yang mendapatkan paparan awal konsep ini mempelajari keterampilan untuk
'membunyikan' kata-kata, misalnya mereka dapat mengatakan bahwa kata 'bola'
terdiri dari dua suku kata yaitu 'bo' dan 'la'. Ketika mereka mulai membaca,
keterampilan ini akan menjadi lebih berguna karena membaca pada dasarnya membunyikan
huruf untuk membuat / membentuk kata-kata.
Belajar
dan memahami suara-suara bahasa adalah ciri dari perkembangan bahasa normal.
Anak-anak yang memiliki banyak dukungan untuk membaca dan mengenal konsep
literasi awal akan lebih bersedia untuk belajar membaca. Gunakan waktu yang
tersedia untuk memperkenalkan konsep bahasa suara yang diperlukan, sehingga
anak-anak dapat meningkatkan keterampilan literasi dini.
Keterampilan
Literasi Awal 3: Pemahaman Bahasa.
Kita
biasanya berhubungan dengan anak-anak yang tidak sesuai mengikuti instruksi.
Terkadang kita tertawa ketika seorang anak memberikan benda lain dari yang
dibutuhkan. Tapi ini mungkin pertanda masalah pemahaman bahasa. Anak-anak
dengan perkembangan bahasa yang baik dapat:
- Identifikasi objek
- Sesuai dengan instruksi sesuai usia mereka.
- · Memahami apa yang didengar
- · Membangun keterampilan literasi awal.
- Panggil kata-kata
- Pahami apa yang dibaca.
- Memahami arti kata dan kalimat saat berbicara dan membaca
- Memahami alur cerita dan elemen-elemen lain dalam buku cerita
- Lebih mudah membaca dan menulis,
- Lebih mudah untuk memahami apa yang dibaca,
- Dengan bijak menyimpulkan apa yang dibaca.
- Paparan dan pelatihan dalam pidato dan bahasa.
- Berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang dewasa dan anak-anak lain
Keterampilan
Literasi Awal 4: Kata-Kata Terkendali
Pernahkah
Anda kesulitan menemukan kata yang tepat? Sebaliknya, ketika kita dapat
menggunakan atau mendengar kata-kata yang tepat, niat kita dapat
dikomunikasikan dengan jelas. Jumlah kata yang dapat kita peroleh, kata-kata
yang kita pahami dan gunakan adalah penting dalam komunikasi lisan dan
tertulis.
Anak-anak
yang tumbuh dengan kata-kata yang didengar, diarahkan dan dibaca akan memiliki
kesempatan untuk belajar dan memahami dan menggunakan berbagai kata baru.
Anak-anak yang mampu menguasai lebih banyak kata dapat berbicara lebih lancar
dan berkomunikasi lebih efektif. Menguasai banyak kata juga membantu anak-anak
menguasai bacaan lebih mudah dan cepat karena mereka dapat mengenali bacaan
baru. Fondasi perkembangan bahasa yang kuat, termasuk menguasai banyak kata
akan membantu anak-anak untuk lebih banyak membaca dan menulis.
Keterampilan
Literasi Awal 5: Berbicara Lancar
Menguasai
banyak kata adalah penting, tetapi keakuratan pengucapan juga memainkan peran
dalam perkembangan bicara, bahasa dan membaca. Kefasihan bicara tergantung pada
beberapa faktor, salah satunya adalah sistem suara anak. Anak-anak dengan
masalah penyebutan mungkin juga mengalami kesulitan dalam belajar membaca.
Anak-anak
yang memiliki sistem suara yang baik akan dapat mengucapkan semua suara dengan
benar, berbicara dengan lancar dan juga membantu dalam pemahaman membaca. Studi
menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan bicara mungkin juga mengalami
masalah belajar membaca. Biasanya anak-anak yang masih memiliki pengucapan yang
tidak akurat pada usia 5 ½ tahun merasa kesulitan untuk
belajar membaca.
Sebagai
orang tua, peran kita adalah berbicara dengan jelas sehingga anak-anak dapat
belajar berbicara dengan jelas juga. Jika seorang anak tidak dapat mengucapkan
kata atau pengucapan dengan benar, maka perlu dilakukan melatih kemampuan berbicaranya.
Masalah pengucapan seringkali dapat diatasi dan ini akan membantu anak
berbicara lebih jelas karena mereka memiliki konsep bahasa yang sehat. Ini pada
gilirannya membantu dalam penguasaan bunyi bahasa untuk membaca.
Kesimpulan
Kita telah
melihat bagaimana kegiatan-kegiatan berikut ini penting untuk pengembangan
literasi anak:
- · Minat terhadap buku
- · Kesadaran suara bahasa
- · Pemahaman bahasa
- · Penguasaan kata-kata dan
- · Pengucapan yang jelas
Pengembangan
bahasa penting untuk:
- · Komunikasi
- · Berikan anak-anak untuk belajar membaca dan menulis.
Perkembangan
bahasa yang baik tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga dasar untuk
keterampilan membaca dan menulis. Sebagai orang tua, peran kami adalah menjadi
contoh yang baik dan menumbuhkan keterampilan bahasa untuk anak-anak agar
tumbuh dengan keterampilan komunikasi, membaca dan menulis yang sangat baik.
Sumber:
http://www.myhealth.gov.my/perkembangan-bahasa-dan-kemahiran-literasi-awal/
Komentar
Posting Komentar