Refleksi Pancasila dan Buka Puasa Bersama

   Pada hari senin, 4 Juni 2018 dilaksanakan kegiatan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2018. Bersama dengan itu kegiatan juga di isi dengan acara buka bersama karena peringatan hari lahir Pancasila ini juga bertepatan dengan datangya bulan Ramadan.

     Pukul 15.00 WIB adik-adik Taman Baca Mahardika sudah mulai datang berkumpul di halaman taman baca. Kegiatan refleksi sendiri akan dimulai pukul 15.30 WIB. Sembari menunggu waktunya dimulai dan kehadiran adik-adik lainnya, kakak-kakak membuka obrolan mengenai kegiatan adik-adik selama menjalankan ibadah puasa. Adik-adik cukup antusias bercerita mulai dari yang sedang menjalankan puasa atau yang belum kuat untuk berpuasa. Menarik sekali mendengar cerita-cerita dari adik-adik hingga waktu menunggu dibukanya kegiatan telah tiba.

Adik-adik sudah mulai berkumpul bersama di halaman Taman Baca Mahardika 


    Kegiatan yang akan segera dilaksanakan itu di hadiri sekitar 40 adik-adik. Mulai dari adik-adik PAUD sampai kelas 6 Sekolah Dasar. Pukul 15.30 WIB kegiatan “Refleksi Pancasila dan Buka Puasa Bersama” di buka dengan menyanyikan lagu Indonesa Raya. Selanjutnya adik-adik diberikan penjelasan mengenai maksut dari kegiatan pada sore hari ini sebelum masuk pada sesi materi.
Penjelasan kegiatan dari kak Wulan
    Pada sesi materi adik-adik di ajak untuk saling bertukar pemahaman dan pengalaman mengenai Pancasila. Pertama-tama adik-adik di ajak untuk mengingat sila-sila Pancasila beserta dengan lambangnya. Sesi awal ini adik-adik sudah di ajak untuk berinteraksi dengan tanya jawab mengenai Pancasila. Adik-adik yang bisa menjawab diberi sebuah buku tulis sebagai hadiahnya.
Setelah itu adik-adik di ajak untuk memahami setiap sila-sila pada Pancasila. Diawali dengan bertanya kepada adik-adik seberapa mengerti adik-adik pada setiap sila, lalu dihubungkan dengan contoh-contoh aktifitas yang mencerminkan sila-sila tersebut. Walaupun banyak adik-adik yang belum memahami karena masih banyak dari mereka yang masih duduk kelas 1-3, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk mendengarkan penjelasan dari kakak-kakak.
Sesi materi di ikuti dengan antusias oleh adik-adik
Sesi tanya jawab bersama adik-adik

     Pukul 16.30 WIB sesi materi sudah terlihat tidak menarik bagi adik-adik, sehingga diberikan ice breaking berupa aktifitas seperti tepuk pramuka dengan modofikasi dari kakak pemateri sehingga di ganti menjadi tepuk “Buko Bareng”. Seperti berikut caranya:
 

“Buko Bareng”
“prok… prok…prok… Buko Bareng!”
“prok… prok…prok… Sinau!”
“Prok… prok…prok… Mangan-Mangan!
“Mantap….!”

     Setelah ice break dilanjutkan dengan sedikit review materi sebelum ke sesi game. Pada sesi game adik-adik dibagi menjadi 2 kelompok besar secara acak. Game ini adik-adik di ajak untuk bermain menyusun lambang Pancsila seperti yang ada adi di dada burung Garuda dalam waktu 3 menit. Saat berlangsungnya game, adik-adik berupaya dengan penuh semangat untuk mengingat kembali lambang Pancasila yang biasa mereka lihat di sekolah. Keramaian seketika hadir karena setiap dari adik-adik ternyata banyak yang tidak ingat bagaimana susunan lambang-lambang sila pada Pancasila. Setelah berusaha hingga waktu yang ditentukan selesai, adik-adik diminta menjelaskan susunan lambang sila Pancasila setiap kelompoknya.
   Kedua kelompok mendapatkan giliran masing-masing untuk menjelaskan hasil usahanya. Saat kakak-kakak menanyakan siapa yang susunannya benar, adik-adik kembali berteriak-teriak hingga mengagetkan beberapa warga di sekitar. Mereka berteriak karena merasa susunannya yang paling benar, suasana gaduh seketika dapat ditenangkan oleh kakak-kakak dengan diberikan penjelasan serta gambar Pancasila yang sudah dipersiapkan. Manfaat dari permainan ini adik-adik bisa belajar dengan cepat untuk mengenal dan mengingat Pancasila beserta sila-silanya.

Kak Didik mengarahkan adik-adik dalam permainan

 
Saat kak Wulan dan kak Didik membantu menyusun lambang Sila Pancasila dengan benar
   Waktu kurang lebih menunjukkan pukul 17.00 WIB setelah game berakhir. Kembali review diberikan dari materi-materi yang sudah disampaikan. Kemudian adik-adik di ajak menyanyikan lagu Garuda Pancasila serta doa-doa menjelanng berbuka puasa. Sebelum sesi buka puasa bersama di mulai adik-adik kembali di ingatkan sebagai warga Negara Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

   Pukul 17.20 WIB adik-adik bersama kakak-kakak melakukan buka puasa bersama. Setelah sesi buka puasa selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan membagikan souvenir kepada semua adik-adik saat mereka beranjak pulang ke rumah.
Minum dulu setelah adzan...srupppp

  Soto ayamnya mantap nih...:)
Adik-adik menikmati suasana buka bersamanya

Komentar