Refleksi Bersama "Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H"

   Pada hari minggu tanggal 26 November 2017 Taman Baca Mahardika bersama DPC Penyiar Shalawat Wahidiyah Surabaya memperingati Maulid Nabi Muhammad 1438 H. Kegiatan yang diikuti adik-adik Taman Baca Mahardika dilaksanakan di Balai RW 04 Dukuh Bulak Banteng Timur Surabaya. Kakak-kakak DPC PSW menjadi pengisi kegiatan pada minggu sore ini. Dalam kegiatan tersebut, kakak-kakak membantu adik-adik untuk mengenal prilaku teladan Nabi Muhammad SAW. Dengan tujuan agar prilaku baik Nabi Muhammad bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini.

Suasana kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW
   Kegiatan yang di ikuti kurang lebih 30 adik-adik berlangsung dengan lancar dan baik. Di awali dengan doa dan sambutan dari salah satu pengurus RW. Kegiatan lalu berlanjut dengan pemutaran video tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Metode pemutaran video dipilih agar adik-adik bisa lebih focus dalam menerima cerita tentang Nabi.


    Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan permainan kereta buta dan komunikata. Dalam permainan ini adik-adik di ajarkan tentang 4 sifat  mulia Nabi Muhammad SAW, yaitu siddiq, amanah, tablig dan fathonah. 4 sifat tersebut di kenalkan lewat permainan agar adik-adik bisa belajar sembari bermain bersama. Dalam permainan kereta buta adik-adik belajar untuk bersikap Shiddiq, Tabligh dan Amanah, dan dalam permainan komunikata adik-adik belajar sifat nabi lainnya yaitu Fathonah.

Adik-adik memperhatikan pengarahan sebelum permainan di mulai

Adik-adik bermain kereta buta

Adik-adik saat bermain komunikata
    Setelah selesai melakukan permainan yang menyenangkan dan bermanfaat, pada sesi terakhir adik-adik di ajak untuk berdoa dan bershalawat bersama. Kemudian di tutup dengan renungan bersama agar memantapkan pemahaman adik-adik. Sehingga diharapkan setelah kegiatan dilaksanakan, adik-adik bisa menerapkan sifat-sifat nabi di rumah dan sekolah.
Renungan dan berdoa bersama.

Foto bersama setelah berakhirnya kegiatan.
Semoga suri tauladan Nabi Muhammad SAW bisa adik-adik pahami dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar