Membuat Bunga Kertas

Hai sahabat Mahardika,
      Pagi yang cerah ini membuat kita semua penuh semangat untuk memulai aktifitas kreasi di Taman Baca Mahardika. Suara burung menjadi teman dalam keceriaan kita sebelum berkreasi pagi ini. Beberapa teman juga datang silih berganti dengan wajah ceria yang tentunya sudah sarapan pagi. Kakak Dampingan juga tidak kalah semangat untuk memberikan sebuah kreasi baru untuk kita hari ini. Hari ini dengan berbekal kertas lipat yang berwarna warni, kak dam akan mencontohkan kita semua membuat hiasan cantik untuk diletakkan rumah.

“Mau buat apa kak dengan kertas lipatnya?” Tanya Aliyah dengan wajah ingin tahunya.

“Kita akan membuat bunga.” Jawab kak Dam

“Caranya gimana kak?” Tanya Fikri yang masih bingung untuk membuatnya.

“Nah, perhatikan kakak dulu ya.” Ajak kak Dam agar kita semua memperhatikan. “Pertama gambar lingkaran pada kertas lipat ya. Lalu gambarkan bentuk spiral seperti ini” kata kak Dam sambil mencontohkan kertas lipatnya.

“Ohh, bisa kak.” Kata Fian.

“Selanjutnya kita potong kertas lipatnya sesuai bentuk lingkarannya terlebih dahulu, setelah itu potong garis spiral seperti yang digambarkan ya.” Kak Dam jelaskan sembari bertanya. “Bisa kan?”

“Bisa kak!” kata Arum dan Agung serempak.

“Nah selanjutnya tinggal gulung deh bentuk potongan kertas lipatnya, nanti akan jadi bentuk bunganya.” Kak Dam contohkan lagi.

“Wihh, beneran jadi bunga ternyata!” kata Bayu sedikit terkejut.

“Yuk sekarang dicoba ya.” Ajak kak Dam. “Setelah bunganya jadi nanti tinggal mencari batang kering untuk tangkainya ya.”

“Ayooo kak!” kata Aliyah yang sudah tidak sabar mencobanya.


     Selanjutnya kita semua mencoba membuat bunga kertas dengan bahan kertas lipat yang berwarna-warni. Yuk intip keseruan kita membuat bunga kertas…

Kita buat lingkarannya dengan kaset VCD aja ya :)
Kita mencoba membuat bunga seperti yang kak Dam contohkan sebelumnya, mulai dari menggambar lingkaran dan spiral. Kemudian memotongnyan sehingga nanti bisa mulai digulung untuk membuat bunganya.
Aliyah sebagai kakak membantu adiknya, Bayu untuk membuat bunga.
 Kita bisa memilih kertas lipatnya sesuka hati, boleh warna-warni ataupun satu warna. Seperti bunga yang dibuat Fian, ada biru, hitam, hijau dan kuning jadinya warna-warni deh.
Fian nampak serius menggulung kertas lipatnya, semangattt.
 Eh, ada Nia yang asyik melamun nih, sudah sampai mana ya kreasinya? Padahal Arum semangat berebut lem untuk bunganya hehe 
Arum kalau mau pinjem lem pasti teriak dulu :)
 Setelah bunganya sudah jadi, selanjutnya mencarikan ranting untuk tangkai bunganya. Untuk potnya sudah ada gelas plastik sisa kreasi minggu lalu nih. Lem bunganya pada ranting keringnya, lalu buatkan lubang pada gelas plastik agar tangkai bunganya bisa dimasukkan.
Nahh jadi deh bunga kertas warna-warninya.
 Tralaaa jadi deh bunga kertasnya, warna-warni yang indah sekali.
Senyum Tempeeeee
Bagaimana sahabat, tertarik kan membuat bunga kertasnya? Jangan lupa dicoba di rumah ya. Sampai jumpa minggu depan dengan kreasi baru Taman Baca Mahardika.

Salam Kreasi

Komentar