Kelas Bahasa Inggris - Kosakata dan Bermain profesi

"Hello, Good afternoon, fian"
"Good afternoon, mister"


Fian sore itu datang dengan membawa buku tulis dan peralatan tulis, dia sudah siap untuk mengikuti kelas dengan antusias, terlihat dari kedatangannya yang lebih awal dibanding teman-temanya. 


"Hello agung good afternoon" 
"Good afternoon mister"


Disusul agung yang datang dengan masih memakai pakaian pramuka. Tak lama kemudian adik-adik yg lain pun datang. Dan nampak di barisan depan ada Fian Agung dan Soni.

"Kak aku yang mimpin doa ya," Soni mengacungkan tangan, menawarkan dirinya untuk memimpin doa. 
"Aku kak" sahut agung yang tak ingin kalah
"Oke suit, sekali aja ya"

Kali ini Soni yang memimpin doa sebelum belajar
"Ayok seng tertib rek"
Before study lets pray together" berdoa selesai dan kelas pun dimulai.


Asik nih belajarnya

Siapa yang sudah siap dengan tugasnya masing-masing ?!" Minggu lalu adik-adik menyepakati untuk belajar kosakata bahasa inggris. Adik-adik yang dapat menyelesaikan tugasnya mulai arti dan cara pengucapan(pronounciation) yang benar akan mendapat reward spesial.

Dan adik-adik menyepakati jumlah kosakata yang berbeda-beda. Adik Arum misalnya, dia menyepakati untuk belajar 10 kosakata, lain halnya dengan kakaknya, fian, yang menyepakati lebih banyak yaitu 15. Satya  tidak mau kalah dengan fian, dia juga belajar 15 kosakata.


Ting ting ting, belajar pun dimulai, adik-adik yang telah belajar kosakata bahasa inggris maju ke depan satu persatu. sementara adik-adik yang lain mengkoreksi temannya yang maju. Satya mendapat kesempatan pertama ke depan kelas. Satya begitu semangat ketika menunjukkan kosakata benda-benda di sekitar, mulai dari door sampai broom tetapi  sedikit mengerem ketika sudah mencapai 12 kosakata.

"Ehmm apa lagi ya kak, oh iya buah"
"Watermelon, durian, banana"


Adik Fian berhasil menyelesaikan belajarnya
Adik satya adalah yang berhasil pertama kali menyelesaikan belajar kosakata bahasa inggris, Dia menyelesaikan 15 kosakata bahasa inggris dengan pronounciation yg benar.  Adik lain yang berhasil menyelesaikan tugas bahasa inggris adalah adik fian. Adik-adik lainnya pun juga tak kalah semangatnya dengan Satya dan Fian, meskipun mereka masih ada yang kurang sempurna ketika pengucapan kosakata mereka.

"Aku kurang satu lho kak, masa gak bisa" kata fina yang hanya salah satu prononciationnya. Fina pun akan belajar lagi untuk mendapatkan hasil yang ditargetkannya.

Ada yang lagi persiapan nih
Adik-adikpun telah banyak yang menyelesaikan belajar kosakata. Habis ini mereka ngapain ya ? Bermain game ? Iya benar. Kali ini games nya adalah tebak profesi. Permainan ini menebak peran apa yang diperankan oleh salah satu adik-adik yang maju ke depan kelas. Dan tugas yg lain akan menebak profesi apa, dan tentunya pengucapannya harus benar yaa. Perannya antara lain architect, doctor, soldier, teacher, carpenter, dentist, police, musician, singer, dancer. Masing-masing mendapatkan peran yang telah diacak.

Cara mainnya adalah mereka yang maju ke depan harus menyebutkan nama dan membuat gerakan profesi yang diperankannya tanpa boleh menyebutkan arti bahasa indonesianya. Agung, Soni dan Satya sudah terlebih dulu maju untuk membuat teman-temannya bertanya-tannya peran apa yang sedang mereka mainkan.

"Oke, Siapa yang mau maju berikutnya? "
"Aku kak" kata Soni yang sepertinya tidak sabaran ingin memainkan profesi yang telah di dapatkannya


"Hello, my name is Soni"
"I am a ....." diikuti dengan gerakan tangan kiri dan tangan kanan diangkat ke atas sejajar dengan kepala.
Adik-adik pun cukup kesulitan ketika Soni hanya menggerak-gerakkan tangannya, tetapj ketika dia sudah mengeluarkan bunyi 


"Tet tet tet"
"Aku kak" Fina mengangkat tangan
"Soldier" kesempatan itu pun berhasil diselesaikannya dengan benar.


Kak permainan lagi dong" minta Satya untuk melanjutkan permainan, tapi jam telah menunjukkan waktu untuk berpisah kembali minggu depan.

Dan sore itu, Fian memimpin doa sebelum pulang.

Adik-adik pun minum susu dulu sebelum pulang. Setelah itu mereka pamit untuk berjumpa lagi minggubdepan. Good bye and see you next week

Komentar