Membuat Topeng Kertas

Hai sahabat Mahardika,
        
       Yup, kita berjumpa kembali dengan kelas kreasi Taman Baca Mahardika minggu ini. Bagaimana kabar sahabat semua? Semoga sehat selalu untuk beraktifitas dan berkarya ya. Sahabat tahu gak hari ini kita akan membuat apa? Hayoo coba tebak. Kita bantu kasik beberapa bocoran ya, kita akan membuat sesuatu dengan bahan dari kertas karton, Koran, kertas hvs, lem, dan tali raffia. Gimana sahabat, masih sulit untuk menebaknya ya? Ok, kita bantu lagi. Tali rafianya dipakai untuk membuat rambut, nahh kita akan membuat sebuah topeng.
      
      Gimana sahabat, pastinya tertarik nih ikut membuat topeng bersama kita. Biar topengnya bisa dibuat mainan dirumah ya. Yuk ikut kita lihat cara membuatnya.

Pertama-tama kita buat pola wajahnya dengan menggambar di atas kertas karton yang sudah di potong persegi panjang. Kemudian potong sisi di sekitar gambar wajahnya, lalu rekatkan dengan staples atau lem sehingga berbentuk seperti mangkuk wajah.
Potong kertas kartonnya menjadi persegi panjang ya sahabat.
Nah, setelah bentuk topengnya sudah terlihat nih.

 Selanjutnya dengan memanfaatkan kertas koran, buat potongan kecil-kecil. Kertas koran ini digunakan untuk melapisi topeng dan membuat topengnya lebih tebal dan kuat. Cukup pakai lem kertas saja ya sahabat Mahardika.

Kita sedang asyik menempelkan kertas korannya nih

Harus sabar ya sahabat, biar hasilnya rapi dan bagus.
 Nah, setelah semuanya sudah dilapisi, kemudian jemur dulu supaya hasil menempelkan korannya kering dan kuat. Jangan lupa buat bagian alis dan hidung dengan membentuknya dari kertas karton juga sahabat. kemudian lapisi kembali dengan korannya ya.
Selfi dulu yuk sebelum di jemur.
 Setelah topeng sudah kering, kemudian kita lapisi lagi. Kali ini untuk lapisan utama, kita menggunakan kertas hvs. Supaya hasil topengnya nanti berwarna putih dan bisa diwarnai sahabat. Jangan lupa di jemur dulu ya setelah dilapisi kertas hvs. Setelah topeng sudah kering, buat lubang mata agar saat dipakai bisa melihat, kecuali kalau sahabat punya mata super loh ya. hehe
Topengnya sudah siap diwarnai nih.
 Langkah selanjutnya tingga mewarnainya deh, sahabat yang ingin mencoba di rumah bisa memakai warna apa saja. Kita di Taman Baca Mahardika mewarnai topengnya dengan krayon, oh ya bisa ditambahi rambut kalau mau pakai tali rafia ya.
Ajeng sedang asyik mewarnai topengnya dengan bibir merah muda ya :)

Cihuiii, jadi deh topeng kertas kita.

Yeeyy, sudah jadi topeng kertas kita. Sahabat pasti bisa membuatnya sendiri di rumah, yukk mencoba membuatnya sahabat. Semangat selalu buat sahabat Mahardika dan sampai jumpa minggu depan ya.
Salam Kreasi

Komentar