Kelas Bhs. Inggris: Bermain Mengenal Anggota Tubuh

Hai sahabat Mahardika,

      Pada hari sabtu sore ini kita bersama-sama akan belajar bahasa Inggris loh. Cuaca mendung tidak mengurangi semangat kita dalam belajar di Taman Baca Mahardika. Karena kita bisa belajar dan bermain dengan kakak pendamping yang mengajari kita. Kelas bahasa sore kali ini, kakak pendamping mengajari kita materi mengenal anggota tubuh.

          Namun minggu ini materi disampaikan lewat sebuah games yang menarik sehingga kita bersemangat dalam mengikuti kelas sore ini. Games pertama kami semua di ajak untuk mengikuti perintah kakak dalam bahasa Inggris. Untuk teman yang salah gerakannya, akan di hukum dengan berhitung dari 10 sampai 1 dalam bahasa Inggris.

          Kakak bilang "Touch your head!" sembari menggerakan tangannya memegang kepala. Serempak kita semua mengikuti apa yang di katakan si Kakak. Kemudian kakak melanjutkan perintah berikut dengan menyebut beberapa anggota tubuh lainnya. Namun terkadang si kakak menggerakkan tangannya tidak sama dengan perintah yang di ucapkan, sehingga membuat teman-teman yang tidak konsentrasi jadi salah pegang. Selanjutnya giliran kita mencoba di depan menggantikan kakak dalam melakukan permainan yang menarik ini.
Satya sedang memeragakan permaian "Touch your ... " bersama yang lain
        Setelah selesai dengan permainan pemanasan, selanjutnya kita di ajak dalam sebuah permainan yang lebih besar. Kita di bagi ke dalam 2 kelompok dengan memilih 1 orang teman sebagai ketua kelompoknya. Dalam permainan ini kita mendapatkan tantangan untuk mengingat nama-nama anggota tubuh yang sudah di ajarkan pada pertemuan sebelumnya.

          Cara bermainnya adalah meletakkan kertas yang bertuliskan anggota tubuh ke sebuah gambar manusia yang sudah disediakan oleh si Kakak. Tim yang paling banyak benar dalam meletakkan kertas sesuai anggota tubuhnya menjadi pemenang permainan. Namun anggota kelompok tidak dibolehkan membaca isi tulisan di dalam kertas. Tugas ketua kelompok yang akan membacakan isi tulisan di dalam kertas tersebut. Kalimat dari ketua kelompok seperti ini "This is ... ", setiap anggota bergiliran mengambil kertas yang akan dibacakan oleh ketua kelompok. Dan tugas anggota kelompok adalah mendengar kata-kata ketua kelompok yang kemudian meletakkan kertas ke bagian yang di ucapkan. Yukk lihat kita bermain...
Pertama kita mau bermain di Gang sebelah, ehh ternyata gerimis membuat kita kembali ke halaman Taman Baca.

      Agung dan Satya mendapatkan tugas dari teman kelompoknya sebagai ketua, sehingga mereka bertugas membacakan kertas yang diambilkan oleh teman-teman kelompoknya. Tampak Kirana (ungu) sedang mendengarkan kalimat yang dibacakan oleh Satya. Lalu ada Ajeng yang sedang meletakkan kertas ke gambar manusia yang sudah disediakan oleh si Kakak.

Gilirannya ya, gak perlu lari-lari.
         Walaupun hujan mulai turun tidak mengurangi semangat kita bermain dan belajar sore hari ini. Dan pada akhirnya si kakak memeriksa hasil permainan kami satu persatu. Kakak nampak senang karena kita banyak menempatkan kertas dengan benar. Tetapi kelompok 1 yang diketuai Agung menjadi pemenang karena hanya salah meletakkan 1 kertas, sedangkan kelompok 2 salah meletakkan 2 kertas.

       Akhirnya permainan segera di akhiri karena hujan mulai turun dengan deras sehingga tempat belajar kami menjadi basah. Sebelum di tutup dengan doa, si Kakak menasehati kita untuk selalu belajar dan membaca materi yang sudah di tulis tiap minggunya. Demikian cerita kita di Taman Baca Mahardika, sampai jumpa minggu depan ya.

Komentar