Mahardika On The Road

"Mas, mas, mas, bukune oleh di woco?" tanya seorang anak yang baru datang dan melihat kami membuka tikar dengan buku-buku bacaan di atasnya tertata rapi.

"Boleh dek, sini duduk sebelah sini yaa." jawab seorang kakak sambil mengarahkan si adik yang tertarik dengan buku bergambar komodo itu.

             Begitulah momen awal ketika Mahardika On The Road pertama kali dilaksanakan. Kegiatan Mahardika On The Road dilaksanakan sejak tanggal 6 Agustus 2016 dengan mengambil lokasi di sudut halaman Skateboard Taman Bungkul. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menggelar 2 buah tikar. 1 tikar digunakan untuk tempat menampilkan dan menata buku, dan tikar lainnya digunakan untuk anak-anak, pemuda maupun keluarga untuk membaca atau mengajari anak-anaknya membaca.
          Untuk buku-buku yang disediakan diantaranya novel-novel dan buku bacaan umum untuk kalangan pemuda. Kemudian buku cerita anak, majalah dan ensiklopedi pengetahuan alam yang memang khusus untuk anak-anak. kegiatan dibuka untuk pengunjung pukul 18.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB atau jika pengunjung untuk membaca masih ramai maka kegiatan masih dibuka.

          Selama berjalannya kegiatan 5 minggu terakhir, antusias pengunjuang khususnya anak-anak untuk membaca sangat tinggi. Bahkan Mahardika On The Road sudah mendapatkan pengunjung setia yaitu anak-anak yang dibawa orang tuanya bekerja di Taman Bungkul. Salah satu diantara mereka bercerita kalau setiap hari sabtu di ajak orang tuanya yang bekerja sebagai tukang parkir. Sejak adanya Mahardika On The Road, mereka menyempatkan waktunya untuk membaca atau sekedar menikmati buku bergambar 1-2 jam sebelum mereka bermain.

 Salah satu adik yang selalu menyempatkan waktunya di malam minggu dengan membaca.

 Antusias pengunjung untuk menikmati Taman Bungkul dengan membaca.

 Sebagian bahkan mau mengantri menunggu tempat untuk membaca buku yang disediakan Mahardika On The Road.

Seperti itulah antusias membaca sebagian pengunjung Taman Bungkul yang cukup menggembirakan, khususnya antusias membaca dari anak-anak. Semoga semakin berjalannya kegiatan Mahardika On The Road akan meningkatkan budaya membaca masyarakat kota Surabaya.

Komentar