Kelas Bahasa Inggris - Apa ini ? Ini adalah ...

Aliyah, Fikri, Rendy, Fian dan Ajeng datang lebih awal ke taman baca sebelum kelas Bahasa Inggris sore itu dimulai. Meriah, itulah suasana kelas sore itu sebelum dimulai.

"Kamu kok nggak bawa buku Al ?" tanya Ajeng kepada Aliyah yang sedang asik melihat-lihat gambar-gambar dengan kata-kata dua bahasa tersebut.
"Yo nanti tak ambil dulu"
"Kamu uwes ngerjakno PR ta Jeng?" tanya Aliyah balik.
"Yo sudah, tak warnai juga gambarku"

 Fikri dan Rendy yang penasaran dengan gambar-gambar itu pun melihat dan membaca tulisan salah satu gambar tersebut.

"Television" kata Fikri sambil membolak-balik gambar televisi yang berwarna coklat.
"Ini dibuat apa kak ?" tanya Rendy.
"hmm, apa hayoo ??" tanya balik kakak pendamping ke Rendy
"tebak-tebakan gambar ya kak?" tanya Fikri yang juga penasaran mau dibuat apa gambar-gambar tersebut.
"kok tanya terus ae sih" dengan suara nyaring, Ajeng menyela pertanyaan Rendy dan Fikri
 "ini lho dibuat tebak-tebakan paling nanti" jawab Aliyah yang keliatannya sudah mengetahui mau dibuat apa gambar-gambar tersebut.
"ayok yang belum bawa buku catatannya, diambil dulu" kata kakak pendamping sambil membereskan gambar-gambar.

Adik-adik yang lain pun mulai berdatangan ketika Aliyah dan Fian balik ke rumah untuk mengambil buku catatan mereka. Kakak pendamping pun mulai mengambil papan. Beberapa adik-adik pun mengambil papan yang lainnya.

"Apa ini kak? Baru ya?" Tanya Haris yang penasaran dengan papan yang dibawanya.
"Meja gitu lho"
"Mana, kok gak ada kakinya?"
"ini kan kakinya" jawab kakak pendamping sambil memperagakan cara membuat meja lipat.
"oo, bisa dilipat ya kak"

Adik-adik memulai belajarnya sore itu

Kelas Bahasa Inggris sore itu pun dimulai dengan berdoa terlebih dahulu. Beberapa dari adik-adik, seperti Aisyah, Arum dan Sony, meletakkan kedua tangannya di atas meja. Serius sekali adik-adik ketika berdoa sebelum memulai belajarnya. Setelah salam selamat sore, beberapa adik-adik pun menunjukkan tugas yang telah mereka kerjakan sabtu lalu.

"Itu gambar apa Jeng ? kamu warnai juga ?" Ajeng ditanya oleh kakak pendamping.
"gambar bunga gini lho kak"
"mana keterangannya ?"
"nah itu kan tulisannya kak, Flower" Ajeng menulis keterangan tentang gambarnya di dalam gambar itu. Tidak seperti Fian yang menulis keterangannya di bawah atau samping gambar.

Q: What is this?
A: This is a ____
Q: How do you spell it
A: B O O K (bi o o key)

This is a book

Adik-adik melihat kakak pendamping yang menulis di papan tulis dan kakak pendamping pun mencontohkan percakapan itu sambil membawa buku. Kemudian adik-adik diminta untuk mencari lima kata benda beserta artinya dalam Bahasa Inggris. "Ayok coba cari 5 kata benda ya"
Setelah itu, adik-adik pun diminta untuk maju ke depan untuk memulai permainan. Sony dan Rendy mendapat giliran pertama sore itu.

"Sekarang coba tukar buku catatannya ya" Sony dan Rendy pun menukar buku catatan mereka.
"Terus pilih salah satu kata yang ada disitu ya, Rendy dulu yang pilih"
"Udah dipilih Ren?"
"Udah kak, terus ini ngapain kak ?"
"terus gambar di papan tulis ya, benda yang uda kamu pilih" lalu Rendy pun mulai menggambar sesuatu di papan tulis, mulanya Rendy menggambar persegi panjang ke atas dan diberi lingkarang kecil di bagian dalam sisinya. Sony pun bertanya benda apa yang digambar oleh Rendy.

"What is this?"
"This is a door"
"How do you spell it?"
"D O O R (di o o ar)"

How do you spell it ?

Rendy telah selesai menjawab pertanyaan Sony. Kemudian giliran Rendy untuk bertanya kepada Sony apa yang digambarnya di papan tulis. Adik-adik yang lain pun maju satu-persatu secara berpasangan setelah Sony dan Rendy kembali ke meja mereka masing-masing.

Suasana kelas sore itu meriah sekali sebelum adik-adik memainkan games berikutnya. Kali ini adik-adik menjawab satu persatu gambar yang ditunjukkan oleh kakak pendamping. Sebelumnya, gambar-gambar itu telah ditempel di papan tulis secara melingkar.

"Ayok coba sebutkan nama-nama benda ini pakai Bahasa Inggris"
"Gantian ya, satu-satu, mulai dari Aisyah" Aisyah yang duduk di bagian belakang menyebutkan salah satu benda yang ada di depan kelas.
"Motorcycle" kata Aisyah sambil menunjuk gambar sepeda motor, kakak pendamping pun menulis di papan tulis, tepat di tengah-tengah gambar-gambar yang melingkar tersebut.
"Spoon" "Cup" "Television" "Glass" adik-adik yang lain menyebutkan secara bergantian.

Setelah nama-nama benda ditulis di papan. Adik-adik diminta kakak pendamping untuk mencocokkan gambar dengan tulisan.

Belajar dengan permainan  tebak-tebakan gambar

"Siapa yang mau mulai duluan?"
"aku kak, aku kak" seru Haris, Arum, dan Rendy bersama-sama.
"oke, Haris dulu, terus Arum, terus Rendy ya"

Adik-adik yang lain pun tak ingin kalah dari mereka bertiga. Dengan bersemangat mereka mencocokkan gambar-gambar dan kata-kata yang ada di papan tulis.

Seperti minggu-minggu sebelumnya. Setelah selesainya kelas sore itu, adik-adik minum susu putih. Adik-adik pun mendapat PR untuk kelas minggu depan. Good bye and see you next week. 

Komentar