Sore itu adik-adik sudah bersiap untuk mengikuti kelas Bahasa Inggris. Ada yang sudah mempersiapkan buku dan alat tulisnya. Ada adik-adik yang baru saja pulang sekolah. Ada juga yang baru saja selesai dengan bermainnya. Cuaca Kota Surabaya sore itu memang cukup panas.
Sebelum kelas dimulai, adik-adik diminta kakak pendamping agar merapikan duduknya. lalu kelas pun dimulai, kelas Bahasa Inggris sore itu dibuka dengan salam "Good Afternoon."
Minggu ini, adik-adik akan belajar tentang nama-nama anggota badan. adik-adik sebelumnya telah mengerjakan penugasan yang diberikan minggu lalu, yaitu mencari 10 nama anggota tubuh, kemudian menjelaskannya pada pertemuan berikutnya. Ajeng pun menjelaskan apa yang telah dikerjakannya minggu lalu. dia menjelaskan seperti kepala(head), tangan(hand), mata(eye), telinga(ear), nose(hidung) dengan cara yang memegang anggota tubuhnya sendiri.
Sebelum memasuki materi, adik-adik menyanyikan lagu-lagu bahasa inggris yang telah diajarkan minggu-minggu lalu. kali ini adik-adik dijelaskan lirik dan artinya oleh kakak pendamping. Adik-adik bernyanyi setelah menghitung secara bersama-sama, "one, two, three."
"If you're happy and you know , clap your hands"
"If you're happy and you know , clap your hands"
"If you're happy and you know , and you really want to show"
"If you're happy and you know , clap your hands."
Selanjutnya, adik-adik belajar tentang nama-nama anggota tubuh. adik-adik kali ini akan belajar cara mengucapkan, menulis dan mengeja nama anggota badan dengan benar. Adik-adik diberi penjelasan yang benar oleh kak Anisa, Adik-adik belajar Adik-adik juga belajar bentuk jamak dari anggota badan Karena mereka lebih dari satu, maka memerlukan tambahan (s) , misalnya telinga dan mata menjadi (ears) dan (eyes). jika tunggal, maka (ear) dan (eye) saja.
Ditengah-tengah materi, adik-adik melakukan ice breaking bersama kak Denny. di situ adik-adik melakukan permainan "where is my ( anggota tubuh )?"
Jadi adik-adik menyiapkan salah satu tangan mereka, lalu kakak pendamping akan menyuruh memegang anggota tubuh mana yang dikatakan.
Adik-adik kembali fokus ke materi setelah bermain permainan tersebut.
Setelah ice breaking sebentar. adik-adik kembali fokus untuk mencatat materi yang diberikan oleh kakak pendamping. Kemudian adik-adik melakukan review tentang materi yang telah dipelajarinya.Dan adik-adik mendapat penugasan mencari 10 nama benda di rumah.
Sebelum pulang, adik-adik minum susu putih dulu ya, kali ini porsi susunya dibuat lebih banyak. biar adik-adik lebih banyak minum susunya.
Setelah minum susu, kelas pun selesai. Sampai jumpa minggu depan. Good Bye and See you.
Sebelum kelas dimulai, adik-adik diminta kakak pendamping agar merapikan duduknya. lalu kelas pun dimulai, kelas Bahasa Inggris sore itu dibuka dengan salam "Good Afternoon."
Minggu ini, adik-adik akan belajar tentang nama-nama anggota badan. adik-adik sebelumnya telah mengerjakan penugasan yang diberikan minggu lalu, yaitu mencari 10 nama anggota tubuh, kemudian menjelaskannya pada pertemuan berikutnya. Ajeng pun menjelaskan apa yang telah dikerjakannya minggu lalu. dia menjelaskan seperti kepala(head), tangan(hand), mata(eye), telinga(ear), nose(hidung) dengan cara yang memegang anggota tubuhnya sendiri.
Ajeng menjelaskan nama-nama anggota badan |
Sebelum memasuki materi, adik-adik menyanyikan lagu-lagu bahasa inggris yang telah diajarkan minggu-minggu lalu. kali ini adik-adik dijelaskan lirik dan artinya oleh kakak pendamping. Adik-adik bernyanyi setelah menghitung secara bersama-sama, "one, two, three."
"If you're happy and you know , clap your hands"
"If you're happy and you know , clap your hands"
"If you're happy and you know , and you really want to show"
"If you're happy and you know , clap your hands."
Belajar nama-nama anggota tubuh |
Adik-adik yang ada di barisan belakang sedang asik mencatat |
Selanjutnya, adik-adik belajar tentang nama-nama anggota tubuh. adik-adik kali ini akan belajar cara mengucapkan, menulis dan mengeja nama anggota badan dengan benar. Adik-adik diberi penjelasan yang benar oleh kak Anisa, Adik-adik belajar Adik-adik juga belajar bentuk jamak dari anggota badan Karena mereka lebih dari satu, maka memerlukan tambahan (s) , misalnya telinga dan mata menjadi (ears) dan (eyes). jika tunggal, maka (ear) dan (eye) saja.
Ditengah-tengah materi, adik-adik melakukan ice breaking bersama kak Denny. di situ adik-adik melakukan permainan "where is my ( anggota tubuh )?"
Jadi adik-adik menyiapkan salah satu tangan mereka, lalu kakak pendamping akan menyuruh memegang anggota tubuh mana yang dikatakan.
Adik-adik kembali fokus ke materi setelah bermain permainan tersebut.
ice breaking, berdiri semua nih |
Setelah ice breaking sebentar. adik-adik kembali fokus untuk mencatat materi yang diberikan oleh kakak pendamping. Kemudian adik-adik melakukan review tentang materi yang telah dipelajarinya.Dan adik-adik mendapat penugasan mencari 10 nama benda di rumah.
Minum susu bersama-sama |
Sebelum pulang, adik-adik minum susu putih dulu ya, kali ini porsi susunya dibuat lebih banyak. biar adik-adik lebih banyak minum susunya.
Setelah minum susu, kelas pun selesai. Sampai jumpa minggu depan. Good Bye and See you.
Komentar
Posting Komentar