Kreasi Perangkap Nyamuk

Hai sahabat Mahardika
Diskusi sekk

     Apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat semua. Sekarang lagi musim hujan nih, jaga kesehatan baik-baik ya biar tetap bisa berkarya dimana saja. Apalagi sekarang wabah DBD mulai banyak terjadi dibeberapa daerah termasuk Surabaya. Sebaiknya mencegah berkembangnya nyamuk khususnya dirumah dan lingkungan sekitar.
       Oleh sebab itu kreasi kali ini ingin mencoba salah satu metode membuat perangkap nyamuk yang ramah linngkungan. Supaya sedikit membantu melakukan pencegahan berkembangnya nyamuk di lingkungan Taman Baca Mahardika.
Langsung saja kita siapkan alat-alatnya ya seperti botol aqua bekas ukuran besar, gula, ragi roti, gunting, kantong plastik dan solasi. Pertama kita potong sepertiga botol dari atas lalu panaskan air sampai mendidih.

Menyiapkan alat-alat
Potong 1/3 kepala botol
 
 Kemudian setelah air panas siap, campurkan gula dan air panas. Cukup beri sedikit air panas agar nantinya cairan gula cukup kental ketika didinginkan.

Aduk atau kocok larutan gula sampai larut semua dalam air
 Setelah dilarutkan lalu biarkan sekitar 30 menit agar dingin. Setelah semuanya sudah dingin, lalu bungkus dengan menggunakan kantong plastik hitam agar nyamuk tertipu. hehehe emang nyamuk buta warna ya?

Membungkus perangkap dengan kantong plastik

Setelah semua terbungkus dengan rapi, selanjutnya beri sedikit ragi roti yang telah dipersiapkan. Jangan diaduk, ragi nantinya akan bereaksi dengan cairan gula yang akan menghasilkan CO2 yang menjadi daya tarik nyamuk.










  Setelah itu siapkan tempat berisi sedikit air agar tidak ada semut yang masuk atau binatang lain seperti cicak yang mencari nyamuk. Letakkan di pojok rumah yang biasanya banyak nyamuk, tunggu 1 sampai 2 minggu untuk melihat hasilnya. 
Perangkap siap dipasang
Selamat mencoba dan jaga kesehatan ya...


Komentar