Kreasi Pasir: Membuat Celengan

Hai Teman-teman
Celengan dari bahan kardus dan pasir

      Pertama-tama selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Walaupun puasa tetap semangat dong pastinya, masak kalah sama adik-adik di Taman Baca Mahardika yang tetap bersemangat berkreasi. Di minggu pagi ini di Taman Baca Mahardika berkreasi membuat celengan dengan bahan pasir dan kardus bekas.
           Untuk membuat kreasi ini alat-alat yang dibutuhkan diantaaranya pasir pantai, kardus bekas, gunting, lem kardus, lem kayu, penggaris, pulpen dan cutter. Setelah semua peralatan siap, maka kreasi siap dilakukan. Pertama tentukan dulu pola celengan yang akan dibuat, bisa kotak atau segitiga. Setelah pola celengan dipilih dilanjutkan membuat ukuran celengan yang akan dibuat dengan penggaris dan pulpen pada media kardus. Kemudian memotong kardus sesuai pola dan ukuran yang sudah digambar. Setelah sudah terpotong dilanjutkan dengan menggabungkannya menjadi bentuk yang diinginkan dengan lem kardus.
           Setelah bentuk celengan sudah jadi, maka tahap selanjutnya adalah memberi lapisan celengan dengan pasir dengan bantuan lem kayu. Caranya adalah dilakukan di tiap sisi terlebih dahulu di olesi lem, upayakan merata agar hasilnya bagus. Setelah lem merata dilanjutkan dengan menaburinya dengan pasir sampai rata dan sedikit ditekan-tekan agar pasir menempel dengan baik pada sisi kardus. Di lanjutkan pada semua sisi celengan sampai bawah. Lalu di jemur sampai kering, untuk finishing bisa dihias dengan cat atau hiasan lainnya sesuka hati. Berikut dokumentasi kegiatan kreasi pasir di Taman Baca Mahardika:

Menggambar dan memotong kardus sesuai pola





Nah itu dia hasilnya, semoga selalu bermanfaat dan bisa lebih baik lagi untuk perkembangan mereka. Sampai jumpa minggu depan!

Selamat berkarya!

Komentar

Posting Komentar