Permainan Kreatif Menyusun Kalimat

Hai temen-temen!

     Selamat berakhir pekan di hari minggu tanggal 26 Januari 2014 ya. Dan berjumpa lagi bersama Taman Baca Mahardika di hari minggu sebagai hari kreasi. Nah, untuk hari ini kreasi kita lakukan tidak dengan membuat aneka barang kreasi melainkan dengan permainan kreatif. Kalau bisa di namakan, namanya permainan kreatif Menyusun Kalimat. Dan yang pasti permainan ini menyenangkan dan penuh dengan pembelajaran. 
      Ohy, kita siapkan dulu ya alat-alatnya untuk permainan. Alat-alat yang diperlukan diantaranya susunan kalimat yang sudah di potong setiap kata dengan ukuran yang agak besar, kalimat yang utuh dengan ukuran biasa, karet gelang dan batang lidi atau sejenisnya. 
Cara bermainnya, pertama siapkan adik-adik berpasangan. Kedua gulung kalimat yang ukuran biasa sebagai undian adik-adik dalam memilih kalimat yang akan disusun nantinya. Terakhir berikan adik-adik batang lidi dan sebuah karet gelang dengan tantangan memindahkan karet dengan lidi di mulutnya secara estafet. Berikut Video dari permainan kreatif menyusun kalimat bersama adik-adik Taman Baca Mahardika. 
    Sudah lihat kan Videonya temen-temen...
Dari permainan ada beberapa nilai yang bisa di ajarkan kepada adik-adik selain bersenang-senang. Yang pertama mereka belajar bekerja sama untuk membantu menyelesaikan persoalan, lihat mereka saling teriak untuk mengingatkan temannya mengenai kata yang harus disusun walaupun sebenarnya tidak di bolehkan..hehe
Kedua merangsang mereka untuk ingat dengan tugas yang mesti diselesaikan dan meningkatkan kemampuan membaca mereka.
Ketiga secara tidak langsung meningkatkan konsentrasi mereka melalui proses pencarian kata yang di acak tersebut.
Itulah beberapa manfaat yang bisa diambil dari permainan ini, semoga selalu bermanfaat dan bisa lebih baik lagi untuk perkembangan mereka. Sampai jumpa minggu depan!

Selamat berkarya!

Komentar