Taman Baca

Menurut Buku Pedoman Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (2006: 9) Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah tempat / wadah yang didirikan dan dikelola baik masyarakat maupun pemerintah untuk memberikan akses layanan bahan bacaan bagi masyarakat sekitar sebagai sarana pembelajaran seumur hidup dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar TBM.

Taman Baca Mahardika merupakan wadah untuk belajar, berlatih, berekspresi dan berkreasi. Mengembangkan setiap kemampuan yang setiap orang miliki melalui program-program yang di berikan oleh taman baca ini. selain buku-buku bacaan yang disediakan, program-program pelatihan akan di berikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat nantinya karena kebutuhan masyarakat terhadap layanan pendidikan nonformal makin berkembang.

Masyarakat sekitar nantinya bisa berperan aktif dalam kegiatan taman baca sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengubah dan membentuk kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik. Pemberdayaan akan meningkatkan kemampuan anggota masyarakatnya agar dapat mengarahkan, mengendalikan, membentuk dan mengelola hidupnya. Pemberdayaan masyarakat juga akan meningkatkan kemampuan seseorang untuk dapat mengelola hidupnya secara mandiri

Komentar